NLP-Hipnotis-Motivasi-Quantum https://www.hendryrisjawan.com Trainer - Motivator Qalbu - Mind & Heart Therapist - Spiritual Coach Tue, 24 Oct 2017 02:43:05 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.8.2 62839557 hendry-risjawan-trainer-motivator https://www.hendryrisjawan.com/hendry-risjawan-trainer-motivator/ https://www.hendryrisjawan.com/hendry-risjawan-trainer-motivator/#respond Mon, 16 Nov 2015 03:55:38 +0000 https://hendryrisjawan.com/?p=955 The post hendry-risjawan-trainer-motivator appeared first on NLP-Hipnotis-Motivasi-Quantum.

]]>
http://goo.gl/cgdDc0

https://goo.gl/CqSVTK

http://goo.gl/dAIuxb

http://goo.gl/rzWngf

http://goo.gl/lWbDH1

http://goo.gl/nJZu4s

http://goo.gl/RqwsDX

http://goo.gl/FBvV70

http://goo.gl/yZHfAo

http://goo.gl/xJteP4

http://goo.gl/PIvdl1

http://goo.gl/jujxSw

 

The post hendry-risjawan-trainer-motivator appeared first on NLP-Hipnotis-Motivasi-Quantum.

]]>
https://www.hendryrisjawan.com/hendry-risjawan-trainer-motivator/feed/ 0 955
Vibrasi di Alam Quantum https://www.hendryrisjawan.com/vibrasi-di-alam-quantum/ https://www.hendryrisjawan.com/vibrasi-di-alam-quantum/#respond Fri, 24 Jul 2015 07:55:51 +0000 https://hendryrisjawan.com/?p=899 The post Vibrasi di Alam Quantum appeared first on NLP-Hipnotis-Motivasi-Quantum.

]]>
Ada sesuatu yang khas dari gelombang kuanta. Ia akan cenderung berkolaborasi dengan gelombang lain yang memiliki frekuensi yang sama. Hal ini menjelaskan mengapa kita akan merasa nyaman ketika berada di dekat orang-orang yang memiliki kebiasaan, hobi, latar belakang, minat, cara pandang dan spiritualitas yang sama dengan kita.

Cobalah Anda urutkan nama-nama sahabat Anda, mulai dari paling akrab sampai cuma kenalan biasa. Semakin banyak kesamaan yang Anda miliki, maka semakin dekat persahabatan Anda dengan mereka.

Rasulullah saw mengakatan bahwa ruh manusia (pada alam ruh) seperti tentara yang berbaris, dia akan mudah mengenali yang berbaju sama dengannya. Inilah sebuah fakta bahwa kita memiliki gelombang kuanta yang berfrekuensi sama dengan orang lain. Ada pepatah lama mengatakan, birds with the same feathers flock together. Orang-orang yang mempunyai kepentingan dan sifat yang sama biasanya berkumpul bersama.

Sekarang kita akan ketuk pintu yang lain, pintu dari Sang Maha Berkehendak, Tuhan semesta alam. Ketika kita mengetuk pintu-Nya, Dia akan segera merespon apa yang kita inginkan. Tentunya ada trik tertentu yang harus kita lakukan. Pada tahapan ini, sebenarnya kita telah menyelam lebih dalam lagi.

Setelah pikiran dan perasaan, sebenarnya ada lagi dimensi yang lebih halus dari itu, yakni HATI (sumber spiritulitas tempat bersemayamnya God Spot). Bisa dikatakan inilah bagian paling dalam dari bilik kuantum, yang menyimpan kebeningan dan juga kekeruhan sekaligus. Pemilahannya sepenuhnya berada di bawah kendali si empunya hati.

Rasulullah saw mengatakan bahwa hati inilah kunci penentu apakah seseorang baik atau tidak. Hati yang sehat akan mudah menangkap gelombang-gelombang ketauhidan. Sedangkan hati yang sakit, akan menjadi tumpul terhadap suara-suara kebaikan dan begitu sensitif untuk melakukan kemaksiatan dan dosa. Kalau saja Anda tidak menjaganya dengan baik, Anda akan kehilangan sesuatu yang paling berharga dalam diri Anda.

Bila digambarkan secara sederhana, hati adalah radio transmiter yang mampu menangkap gelombang kuanta. Gelombang kuanta ini berada pada frekuensi 99,0 AH (Asmaul Husna). Jika radio transmiter Anda baik, maka putarlah tuningnya pada frekuensi 99,0 AH. Anda akan dapat mendengarkan pancaran energi kuanta alam raya. Sebenarnya energi kuanta itu selalu memancar setiap saat, masalahnya apakah Anda mau memutar channel-nya atau tidak?

Mekanisme inilah yang bekerja saat kita berdoa. Karena itulah, Allah mengajarkan kepada kita ketika memohon kepada-Nya untuk selalu berada pada frekuensi 99,0 AH ini. Allah memiliki Asma’ul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asma’ul Husna itu. (QS. Al-Araaf: 180).

Frekuensi 99,0 ini oleh Erbe Sentanu disebut sebagai Zona Ikhlas (Sentanu, The Science & Miracle of Zona Ikhlas: 2009). Zona ikhlas adalah sebuah wilayah di hati yang bersifat kuantum dan dirindukan para pencari kebahagiaan maupun pecinta ilmu pengetahuan. Zona ini diyakini berisikan segala kebutuhan hidup manusia – bagai mata air sumber kecukupan alam semesta. Para ahli pikir dan ilmuwan menyebut wilayah ini dengan berbagai nama: Zero Point Field, A Field, Unified Field, Morphogenetic Field, Akashic Field, Collective Unconscious, Super Consciousness, Divine Matrix atau alam Murakabah.

Pada saat kita berdoa, pikiran sadar dan bawah sadar kita akan menimbulkan vibrasi yang sangat kuat. Frekuensi getarannya itu sangat ditentukan dengan tingkat iman seseorang. Besarnya energi vibrasi tersebut bisa diukur dengan alat-alat tertentu dan digolongkan dalam fase beta, alpha, delta,dan tetha.

Saat yang paling khusyuk berdoa, otak memasuki fase delta, di mana otak bawah sadar kita bekerja dan mengaktifkan gelombang kuanta tubuh yang lain. Sudah dibuktikan dengan berbagai eksperimen,saat seseorang yang sedang berdoa, energi vibrasi yang ‘dipancarkan’ otaknya bisa masuk ke frekuensi 99,0 AH ini. Dalam saat yang bersamaan, akan ada respon balik. Maka, sudah jadi jaminan bahwa Allah akan mengabulkan setiap permintaan hamba yang memohon kepada-Nya.

Pada waktu-waktu tertentu, sepertiga malam terakhir, adalah waktu paling mustajab dikabulkannya doa. Pada waktu inilah, frekuensi 99,0 AH paling bening. Sangat dianjurkan Anda bangun pada waktu ini lalu bermohon kepada Tuhan pada frekuensi ini. Yakinlah, doa Anda akan segera mendapat respon dan Allah mengabulkannya. Doa yang Anda kirimkan ini adalah semacam gelombang pengumpan untuk mengubah bentuk kuanta yang ada dalam diri Anda. Tapi yang melakukannya bukan diri Anda lagi tapi kekuasaan dari Yang Maha Berkehendak.

Sebagian besar radio transmiter (hati) manusia, senantiasa bermasalah. Penghalang tidak terkabulnya doa, ada di sini penyebabnya, yaitu diri kita sendiri. Dalam bahasa psikologis penghalang ini disebutpsychological reversal atau mental block. Kalau Al-Qur’an menyebutnya dengan istilah hati yang berpenyakit. Sedangkan Al-Ghazali mengidentifikasi sebagai hati yang hampir mati, kalau sudah mati maka dia akan menolak kebaikan dan mencintai segala macam kemasiatan. Satu solusi yang ditawarkan Al-Ghazali untuk hati yang sudah mati, ganti dengan hati yang baru. Bagaimana cara mengganti hati?

Jawaban simpel saja, operasi hati. Bagaimana caranya? Anda harus memiliki keberanian lebih untuk mengoperasi hati Anda itu dengan banyak-banyak berzikir dan berdoa. Namun sebelumnya Anda harus mengamputasinya dengan tobat sebenar-benar tobat (taubatan nasuha). Untuk selanjutnya, Anda biasakan untuk banyak berzikir, berdoa dan juga bersedekah. Sedakah juga bisa dijadikan sebagai terapi penyakit hati.

Cara lain untuk dapat menangkap frekuensi 99,0 AH adalah dengan banyak-banyak bersyukur. Pada setiap saat kita dianjurkan mengucapkan hamdalah (Alhamdulillah), secara otomatis otak kita akan masuk pada fase khusyuk. Hati kita menjadi tentram dan lapang sehingga geteran vibrasinya sangat kuat.

Begitu juga dengan sedekah, ini adalah sebuah mekanisme yang sangat mengagumkan untuk menambah potensial energi vibrasi kuanta kesuksesan Anda. Allah akan memberikan balasan yang teramat cepat dari setiap sedekah yang Anda keluarkan. Kuanta dari apa yang Anda sedekahkan itu sebenarnya tidak berkurang tapi malah bertambah. Tanpa Anda duga-duga, kuanta itu akan kembali kepada Anda dalam jumlah yang jauh lebih besar. Dengan kekuatan yang besar itu, sangat memungkinkan untuk merubah nasib Anda dalam waktu yang amat cepat. Inilah bukti kekuasaan Allah yang langsung dipertunjukkan di hadapan hidung Anda.

Sedekah adalah cara yang paling jitu untuk menggambarkan bahwa Tuhan turut serta mengubah takdir Anda melalui kekuatan energi kuanta yang luar biasa. Sejatinya sedekah itu adalah menambah energi kuanta Anda sendiri bukan menguranginya.

Dalam realitas kuantum, tak ada benda yang benar-benar padat (kita misalkan sebagai uang) semuanya hanya ruang hampa. Energi kuanta yang tak pernah diam itu akan bertambah besar bila volumenya diperbesar. Sedekah akan memperbesar volume kuanta yang Anda miliki.

3,762 total views, 6 views today

The post Vibrasi di Alam Quantum appeared first on NLP-Hipnotis-Motivasi-Quantum.

]]>
https://www.hendryrisjawan.com/vibrasi-di-alam-quantum/feed/ 0 899
Keberuntungan https://www.hendryrisjawan.com/keberuntungan/ https://www.hendryrisjawan.com/keberuntungan/#respond Tue, 09 Dec 2014 03:23:35 +0000 https://hendryrisjawan.com/?p=649 The post Keberuntungan appeared first on NLP-Hipnotis-Motivasi-Quantum.

]]>
Di dunia ini ada orang-orang  yang memiliki Luck Factor yang besar. Kita menyebutnya sebagai orang yang beruntung. Apapun yang dia kerjakan, seakan-akan sudah terjamin keberhasilannya. Bahkan ada pula yang seperti mendapatkan apa yang dia inginkan tanpa harus bersusah payah mengusahakannya.

Kita kesampingkan dulu faktor “diluar nalar” yang menyertai perbincangan tentang keberuntungan seseorang. Mari Kita coba melihatnya dari sudut pandang keilmuan dan penelitian yang sudah dilakukan oleh beberapa psikolog dan peneliti kejiwaan.

Ada beberapa buku yang khusus membahas tentang Luck Factor. Dua diantaranya adalah yang ditulis oleh Dr Richard Wiseman dan Max Gunther. Kali ini Saya akan mereview sedikit isi buku Max Gunther “Luck Factor”

Menurut Max Gunther, “Beruntung” adalah sebuah kejadian mendadak yang mampu mengubah Kita menjadi lebih baik dengan cara yang tidak masuk akal.

Max Gunther meneliti 2 kelompok orang yang dianggap beruntung dan yang tidak beruntung. Dan Dia membuat daftar sifat-sifat dan karakter dari orang-orang tersebut.

Penelitian pada Orang yang BERUNTUNG menunjukkan adanya karakter :

  1. Rajin
  2. Melakukan sesuatu dan bekerja secara sungguh-sungguh demi kepuasan batin, bukan sekedar uang saja
  3. Suka menolong dan mempunyai fokus besar terhadap kehidupan disekitarnya.
  4. Positive Thinking
  5. Selalu kelihatan bersemangat dan tidak mudah menyerah
  6. Punya idealisme, tidak plin-plan, selalu mantap pada keputusannya.
  7. Percaya Diri
  8. Sabar, tahu betul bahwa tidak semua hal bisa dipersingkat.
  9. Sadar, bahwa ada tahap-tahap tertentu untuk dapat meraih sesuatu.

Sedangkan pada orang yang KURANG BERUNTUNG karakter yang ditemukan adalah:

  1. Suka menyepelekan sesuatu
  2. Bekerja cenderung karena uang/imbalan. Jika tak ada uang/imbalan dibalik sebuah pekerjaan atau aktifitas, dia akan menghindarinya.
  3. Mementingkan diri sendiri/ enggan fokus pada orang lain.
  4. Negative Thinking / justru terlalu Positive Thinking.
  5. Bingung memutuskan sesuatu dan cenderung lebih percaya pada keputusan orang lain daripada keputusan sendiri.
  6. Mudah putus asa/ malah terlalu nekat.
  7. Tidak sabaran, mengharapkan semuanya serba praktis dan cepat hasilnya.

Dari penelitian yang dilakukannya, Max Gunther menyimpulkan bahwa:

“KEBERUNTUNGAN bukan cuma sekedar nasib. KEBERUNTUNGAN tidak hanya datang begitu saja, melainkan BISA DICIPTAKAN oleh manusia itu sendiri”.

Dr Wiseman mengumpulkan 2 kelompok orang, kelompok pertama adalah orang yang merasa selalu beruntung, kelompok kedua adalah orang-orang yang selalu merasa sial. Kedua kelompok itu menjalani tes-tes yang sama. Dan ternyata memang ada faktor-faktor yang membuat kelompok orang beruntung selalu menarik keberuntungan.

Menurut Dr Wiseman, ada 4 faktor yang membedakan orang beruntung dari yang “sial”. Yaitu :

  1. Sikap Terhadap Peluang

Orang beruntung ternyata lebih terbuka terhadap peluang. Mereka lebih peka terhadap adanya peluang, pandai menciptakan peluang, dan gesit menangkap peluang yang datang.

Bagaimana hal ini dimungkinkan? Ternyata orang-orang yg beruntung memiliki sikap yang lebih santai/rileks dan terbuka terhadap pengalaman-pengalaman baru.

Orang beruntung, lebih terbuka terhadap interaksi dengan orang-orang yang baru dikenal, dan rajin menciptakan jaringan-jaringan sosial baru.

Orang yang “sial” lebih tegang sehingga tertutup terhadap kemungkinan- kemungkinan baru.

  1. Orang Beruntung menggunakan Intuisi dalam membuat keputusan.

Orang yang beruntung lebih mengandalkan intuisi daripada logika. Keputusan-keputusan penting yang diambil oleh orang beruntung ternyata sebagian besar dilakukan atas dasar bisikan “hati nurani” (intuisi) daripada hasil otak-atik angka yang canggih.

Orang yang “sial” biasanya sulit mendengarkan bisikan hati nurani karena sudah dipusingkan dengan beban pikiran yang ruwet.

Metoda untuk mempertajam intuisi dapat dilakukan misalnya melalui latihan meditasi yang teratur, merutinkan sholat malam dan memperdalam ibadah. Pada kondisi mental yang tenang, dan pikiran yang jernih, intuisi akan lebih mudah diakses. Dan makin sering digunakan, intuisi kita juga akan semakin tajam.

Contoh intuisi : peka pada isyarat TUBUH saat akan mendapat suatu rejeki besar, peka pada PERASAAN antusias pada suatu hal, peka membaca tanda-tanda di sekitar Kita dalam bentuk peristiwa-peristiwa yang saling berkaitan.

  1. Orang Beruntung, selalu berpikir positif dan berharap yang terbaik.

Orang beruntung, selalu berprasangka baik pada apapun yang terjadi dalam hidupnya. Dia percaya dan yakin semua itu mempunyai maksud yang baik.

Dengan begitu mereka lebih kuat menghadapi ujian hidup yang menimpa mereka, lebih positif dalam menjalin hubungan dengan orang lain dan selalu optimisme penuh harapan baik.

  1. Orang Beruntung mengubah hal yang buruk menjadi hal yang baik.

Orang-orang beruntung sangat terampil dan hebat dalam menghadapi situasi buruk dan mengubahnya menjadi kebaikan.

Bagi mereka setiap situasi selalu ada sisi baiknya. Bagi mereka tidak ada kejadian buruk, yang ada adalah umpan balik yang menguntungkan dan menghebatkan.

Begitulah hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr Richard Wiseman. Kita bisa menerapkannya dalam keseharian hidup Kita. Mulailah dengan menuliskan keberuntungan-keberuntungan yang Kita dapatkan hari ini, rasakan kebahagiaannya dan latih diri Kita untuk memiliki sifat-sifat dan karakter ORANG YANG BERUNTUNG

4,609 total views, 2 views today

The post Keberuntungan appeared first on NLP-Hipnotis-Motivasi-Quantum.

]]>
https://www.hendryrisjawan.com/keberuntungan/feed/ 0 649
Manfaat NLP https://www.hendryrisjawan.com/manfaat-nlp/ https://www.hendryrisjawan.com/manfaat-nlp/#respond Tue, 08 Jul 2014 07:37:16 +0000 https://hendryrisjawan.com/?p=420 The post Manfaat NLP appeared first on NLP-Hipnotis-Motivasi-Quantum.

]]>
attract-money-with-mindNLP adalah belajar dan pemodelan apa yang bekerja dalam berpikir, bahasa dan perilaku. Hal ini tidak berkaitan dengan mengetahui, tetapi sebagian besar dengan melakukan. Orang mungkin keliru percaya bahwa berprestasi dapat memberikan pengetahuan yang tepat dan keterampilan prestasi mereka. Tapi ini pada kenyataannya jarang terjadi. Kunci keberhasilan mereka biasanya tidak diketahui pada tingkat sadar. Dengan kata lain, mereka dapat melakukan dengan sangat baik, tetapi mereka tidak dapat memberitahu Anda bagaimana mereka melakukannya. Bakat yang tidak diketahui ini adalah apa NLP adalah semua tentang. NLP menawarkan alat untuk menggambar ini bakat alam yang tidak diketahui atau keterampilan sehingga dapat dikodekan dan kemudian direplikasi. Ini mungkin sulit untuk memahami sampai salah satu berlaku praktis. Perubahan pribadi besar akan dirasakan, dan perubahan besar dalam keadaan pribadi mengikuti.

Manfaat NLP untuk membantu orang-orang untuk memanfaatkan pengetahuan untuk pencapaian cepat dan efektif dari tujuan pribadi, membangun hubungan yang lebih baik dan melanjutkan proses yang tidak pernah berakhir pengembangan diri, membangun hubungan yang lebih baik dan melanjutkan proses yang tidak pernah berakhir pengembangan diri. Selain itu, prinsip-prinsip dan teknik NLP adalah dorongan luar biasa dalam menghadapi situasi bermasalah yang pasti muncul saat kita menjalani hidup kita. Secara khusus, NLP merusak pola-pola perilaku yang begitu sering mempengaruhi merugikan tindakan dan reaksi kita. Ini adalah program ini dari perilaku yang tidak diinginkan kebiasaan yang harus diganti dengan menggunakan teknik yang tersedia dalam pemrograman neuro-linguistik.

Di antara banyak hal manfaat NLP memungkinkan kita untuk melakukan antara lain :

  • Membangun hubungan pribadi berkualitas tinggi dengan mereka yang kita datang ke dalam kontak dengan dalam kehidupan kita sehari-hari. Memiliki hubungan dekat dengan klien, pelanggan dan rekan kerja akan membuktikan saling menguntungkan;
  • Menjalankan kontrol atas emosi kita sehingga kita dapat secara efektif mengelola pikiran dan perasaan kita. Mengontrol cara kita merasa menaikkan tingkat kepercayaan kami dalam apapun yang kita mencoba untuk melakukan, dan memperkuat kecenderungan untuk melakukan yang terbaik kami setiap saat;
  • Memperkenalkan fleksibilitas yang lebih besar yang menyebabkan peningkatan pilihan dan pengaruh lebih besar atas peristiwa-peristiwa dalam hidup kita, dan cara-cara kreatif untuk memecahkan masalah;
  • Mengembangkan cara yang efektif untuk berkomunikasi dengan mempertimbangkan kepekaan kita terhadap diri kita sendiri dan orang lain, dan meningkatkan keterampilan persuasif kami;
  • memeprogram pikiran untuk hasil yang diinginkan seperti untuk diri kita sendiri, untuk bisnis, atau memaksimalkan mencapai peluang yang diinginkan.

11,693 total views, 59 views today

The post Manfaat NLP appeared first on NLP-Hipnotis-Motivasi-Quantum.

]]>
https://www.hendryrisjawan.com/manfaat-nlp/feed/ 0 420
Apakah NLP itu https://www.hendryrisjawan.com/apakah-nlp-itu/ https://www.hendryrisjawan.com/apakah-nlp-itu/#respond Tue, 08 Jul 2014 06:49:13 +0000 https://hendryrisjawan.com/?p=411 The post Apakah NLP itu appeared first on NLP-Hipnotis-Motivasi-Quantum.

]]>
nlpApakah NLP itu? NLP adalah tentang belajar bagaimana orang bisa menjadi sangat baik pada suatu kegiatan atau subjek. Proses ini dikenal sebagai model. Teknik-teknik dan keterampilan yang dipelajari dalam NLP dapat diaplikasikan ke berbagai bidang seperti bisnis, konseling, pendidikan, terapi, interview, motivasi, olahraga, penjualan, dll untuk mendapatkan hasil yang konsisten dalam komunikasi, pengembangan pribadi, dan pembelajaran. Juga dapat memodel kesuksesan seseorang sehingga kita mendapat kesuksesan yang serupa . Ini adalah proses menemukan kembali kekuatan kreatif atau kemampuan alami.

NLP adalah singkatan dari Neuro Linguistic Programming.

Neuro mengacu pada sistem saraf kita – yaitu proses neurologis melihat, mendengar, merasakan, mencicipi dan berbau. Kami menggunakan indera ini, pikiran dan tubuh untuk menafsirkan peristiwa eksternal, dan menerjemahkan pengalaman kami dalam proses berpikir, baik sadar dan bawah sadar. Hal ini menunjukkan hubungan antara pikiran dan tubuh kita, dan bagaimana mereka berfungsi sebagai satu sistem, yang membentuk salah satu prinsip NLP atau prasangka (Pikiran dan tubuh adalah satu sistem). Kesadaran penuh kami memberikan kita kemampuan untuk mengubah pengalaman kami situasi dan persepsi kita tentang orang-orang, dan reaksi yang kita dapatkan.

Linguistik mengacu pada bagaimana kita menggunakan bahasa untuk memberikan makna pada pengalaman kita dan bagaimana kita mengirimkan pengalaman itu untuk diri kita sendiri dan orang lain. Pola bahasa kami menyampaikan kepada dunia luar tentang siapa kita, apa yang kita percayai, apa yang kita inginkan dan bagaimana kita berpikir. NLP membantu kita untuk meningkatkan kualitas informasi yang kita bertukar dengan orang lain, dan meningkatkan tingkat pemahaman yang kita buat dengan komunikasi kita. Keterampilan bahasa penting tidak hanya ketika kita berinteraksi dengan orang lain, tetapi juga ketika kita berinteraksi dengan diri kita sendiri.

Programming adalah coding bakat yang luar biasa. Proses ini dikenal sebagai model. Modeling melibatkan mereplikasi urutan yang sama dari pola berpikir, penggunaan bahasa dan perilaku untuk mencapai hasil tertentu. Hasil yang kita capai atau keunggulan kita mereproduksi adalah hasil dari program pribadi kita. Peningkatan kesadaran urutan ini memungkinkan kita untuk kode pengalaman orang lain, dan juga untuk mengakses sumber daya batin kita agar potensi sejati kita sepenuhnya terwujud. Lebih lanjut memungkinkan kita untuk meningkatkan kualitas hubungan kita, kalikan pilihan pribadi kami dan mendapatkan kontrol lebih besar atas hidup kita.

5,607 total views, 5 views today

The post Apakah NLP itu appeared first on NLP-Hipnotis-Motivasi-Quantum.

]]>
https://www.hendryrisjawan.com/apakah-nlp-itu/feed/ 0 411
Neuro-Linguistic Programming (NLP) https://www.hendryrisjawan.com/neuro-linguistic-programming-nlp/ https://www.hendryrisjawan.com/neuro-linguistic-programming-nlp/#respond Tue, 08 Jul 2014 06:39:18 +0000 https://hendryrisjawan.com/?p=409 The post Neuro-Linguistic Programming (NLP) appeared first on NLP-Hipnotis-Motivasi-Quantum.

]]>
nlpNeuro-Linguistic Programming (NLP) merupakan hasil modelling yang sangat baik dari orang-orang yang luar biasa dalam bidang yang berbeda, dan bagaimana kita dapat meniru keberhasilan mereka dengan menyalin cara mereka berpikir dan melakukan sehingga kita mampu mencapai hasil yang sama.

Dengan demikian tentang pikiran dan pengaruhnya terhadap tindakan kita, dan reaksi terhadap orang lain. NLP menunjukkan pentingnya berpikir lebih baik untuk menghasilkan hasil yang diinginkan atau dimaksudkan. Di dalamnya, kita belajar cara yang efektif untuk berkomunikasi, tidak hanya untuk diri kita sendiri tetapi dengan orang lain juga. Bagaimana kita berkomunikasi menunjukkan jenis orang kita, apakah kita seorang individu sangat baik atau seseorang kemampuan biasa-biasa saja.

NLP sangat praktis, itu memperoleh apa yang diinginkan, dan dengan demikian kita menjadi lebih efektif dalam pemikiran dan tindakan kita. Kita belajar untuk memiliki lebih banyak pilihan dan mendapatkan kontrol yang lebih lengkap dari kehidupan kita. Ini berisi seperangkat teknik yang salah satu dari kami bisa berlatih langsung dan manfaat dari keberhasilan di daerah dimaksudkan kehidupan kita seperti bisnis, komunikasi, pendidikan, olahraga dan terapi. Jika teknik yang kita gunakan tidak membawa hasil yang kita cari, kita mengubah apa yang kita lakukan sampai kita mencapai apa yang kita inginkan. Memahami berbagai prinsip NLP dan menempatkan mereka untuk bekerja memungkinkan kita untuk mempengaruhi perubahan cepat dalam hidup kita. Kami memperoleh pemahaman akurat dan mendalam tentang bagaimana kita berpikir dan bagaimana pikiran kita mempengaruhi perilaku kita. Kita bisa memahami bahwa pemikiran dan perilaku kita yang unik untuk masing-masing dari kita dan sangat subjektif.

Keindahan NLP adalah bahwa Anda, saya atau orang lain bisa belajar dan mendapatkan keuntungan dari pendekatan pragmatis untuk pengembangan pribadi dari membangun hubungan yang lebih baik, meningkatkan tingkat kepercayaan untuk mencapai sukses pribadi. Kita bisa menerapkannya di manapun kita berada dan kapan saja tanpa pengetahuan sebelumnya itu. Mengharapkan untuk mengalami perubahan dalam hidup Anda dalam waktu singkat atau bahkan dalam beberapa hari.

NLP berawal pada awal tahun 1970. John Grinder, seorang Associate Professor of Linguistics, dan Richard Bandler, seorang psikoterapis dan komputer programmer, mempelajari karya tiga psikoterapis terkemuka yang mampu menghasilkan hasil yang efektif dalam perilaku pasien mereka: Milton Erickson adalah seorang hipnoterapis terkenal, Virginia Satir a dihormati terapis keluarga; dan Fritz Perls pencipta terapi Gestalt. John dan Richard, yang menciptakan istilah NLP untuk menyusun pekerjaan mereka, tidak peduli dengan aspek teoritis tetapi untuk memastikan apa yang berhasil, itulah yang memungkinkan orang-orang ini untuk membawa tentang efek dramatis dalam apa yang mereka lakukan. Metode yang mereka dikembangkan sejak itu diterapkan dalam berbagai aktivitas manusia.

5,310 total views, 5 views today

The post Neuro-Linguistic Programming (NLP) appeared first on NLP-Hipnotis-Motivasi-Quantum.

]]>
https://www.hendryrisjawan.com/neuro-linguistic-programming-nlp/feed/ 0 409
Mindset https://www.hendryrisjawan.com/mindset/ https://www.hendryrisjawan.com/mindset/#respond Tue, 01 Jul 2014 04:13:55 +0000 https://hendryrisjawan.com/?p=368 The post Mindset appeared first on NLP-Hipnotis-Motivasi-Quantum.

]]>
Mindset adalah pola pikir yang mempengaruhi pola kerja. Perilaku seseorang dipengaruhi oleh pola pikirnya. Seseorang melakukan sesuatu karena didorong dan digerakkan oleh pola pikirnya. Jadi, kalau kita mau merubah perilaku seseorang maka pola pikirnya dulu yang harus dirubah. Pola pikir berubah, perilaku pasti berubah!

Mindset Pertandingan Basket NBA adalah salah satu cabang olahraga yang saya suka dan Michel Jordan dari club Chicago Bulls adalah pemain basket paforit saya. Sayang karena umurnya, maka tidak bisa dihindari ada waktunya dia harus mengundurkan diri sebagai pemain basket. Pada akhir pertandingan untuk perpisahannya dia sempat diwawancarai oleh salah satu stasiun TV, salah satu pertanyaan yang diajukan oleh si pewncara adalah apa sebenarnya yang menjadi resep kunci suksesnya selama ini. Jawaban Jordan adalah bahwa dalam setiap pertadingan selama ini dia selalu berkata kepada dirinya sendiri, “Ini adalah pertandingan terakhir kalinya, setelah ini dia tidak main lagi.” Jadi karena ini adalah pertandingan terakhir kali maka dia akan bermain sebaik mungkin semaksimal mungkin dan itu yang membuat dia selalu memberikan yang terbaik. Setiap kali dia bertanding dia selalau bilang pada dirinya sendiri, “Ini pertandingan terakhir saya, ini pertandingan terakhir saya, saya harus bermain sebaik mungkin!” Pemikiran ini dia tanamkan dalam pikiran dia setiap kali dia diturunkan sebagai pemain di timnya. Inilah yang menjadi mindset dia sehingga dia berhasil menjadi salah satu pemain basket yang hebat yang pasti akan dikenang sepanjang masa!

Apa itu mindset?

Sering kali kita mendengar kata mindset tetapi mungkin kita belum tahu apa arti mindset. Mindset sebenarnya dua kata bahsa Inggris yang digabung menjadi satu yaitu “mind” dan “set”. Mind berarti pikiran, akal, ingatan. Sedangkan “set” adalah kumpulan, perangkat. Jadi secara harafiah diartikan sebagai kumpulan atau perangkat pikiran atau akal atau ingatan. Tetapi sebenarnya maksudnya bukan seperti itu, tetapi yang saya maksud mindset disini adalah pola pikir yang mempengaruhi pola kerja.

Sebagaimana difinisi mindset diatas yaitu pola pikir yang mempengaruhi pola kerja, demikian juga Michel Jordan, dalam setiap kali pertandingan basketnya, pola kerja dia dipengaruhi oleh pola pikirnya (mindsetnya). Mindsetnya adalah bahwa dalam setiap pertandingan yang dia hadapi, dia selalu bilang kepada dirinya “ini adalah pertandingan terakhir saya, jadi saya harus bermain sebaik mungkin (I will do it my best because this is my last game!)”. Inilah yang memompa energi Jordan yang menyemangati untuk tidak mudah menyerah, kalimat ini kalau dia ucapkan lebih kuat pengaruhnya dari pada energi drink yang dia minum, kalimat ini seperti vitamin yang memberi tenaga, yang memberi stamina (daya tahan) dan ketahanan fisik (endurance) yang luar biasa seolah-olah tidak pernah kehabisan tenaga.

Manusia pada umumnya dalam melakukan sesuatu pasti lebih dulu orang tersebut karena didorong oleh pola berfikirnya. Jadi pola pikirlah yang menggerakkan, mendorong atau yang menjadi landasan mengapa seseorang melakukan sesuatu. Itulah sebabnya kalau kita hendak melarang seseorang untuk tidak melakukan suatu hal atau sebaliknya mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu maka hal pertama yang harus dipengaruhi lebih dulu adalah pola pikirnya, jalan pikirannya yang diubah dulu. Kita bisa saja melarang seseorang untuk tidak melakukan sesuatu atau mendorong seseorang melakukan sesuatu tetapi jika tanpa merubah pola pikirnya lebih dulu maka tidak akan menghasilkan suatu perubahan hasil yang permanen atau perubahan yang berarti. Kalau kita ingin merubah perilakau seseorang dengan hasil yang lebih permanen atau lebih berarti maka yang harus dipengaruhi pertama kali adalah pola pikirnya.

Sebagai contoh misalnya kalau kita punya anak yang malas belajar dan maunya hanya main terus, dan kita ingin anak kita supaya mau rajin belajar, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah merubah pola pikirnya mengapa belajar itu penting, yaitu dengan memberi nasehat bahwa kalau mau pinter, mau berhasil, mau jadi insinyur (kalau cita-citanya jadi insinyur) dll., kita harus menjabarkan syarat-syarat bagaimana menjadi seorang yang berhasil dan kalau perlu memberi contoh-contoh kepada anak kita tentang orang-orang yang sudah berhasil meraih cita-cita. Mereka yang sudah berhasil meraih cita-cita mereka sudah pasti mereka bekerja keras dan terbiasa mendisiplinkan diri dengan terus belajar dan bekerja giat guna meraih cita-citanya itu. Dengan melarang dan memarahi saja tidak cukup, itu hanya akan merubah cara kerja secara sementara. Kalau ada orang tuanya mau disiplin, mau belajat, giliran tidak dilihat oleh orang tuanya, maka kembali lagi ke kebiasaan jeleknya. Ini artinya apa? Ini artinya mindsetnya belum berubah. Ubahlah mindset maka berubahlah seseorang menjadi benar-benar seperti yang kita inginkan. Ubah pola pikirnya maka akan berubah pola kerjanya.

Demikian juga kalau kita hendak “menyemangati” karyawan kita dalam bekerja, maka hal pertama yang kita harus rubah, kita pengaruhi dalam diri karyawan kita adalah pola pikirnya. Bagaimana caranya? Misalnya, ajaklah dan libatkan dalam membahas suatu planning dalam bidangnya (departemennya) dan diskusikanlah bersama, libatkanlah dalam menganalisa baik-buruknya, untung ruginya, kuat dan lemahnya (strong-point dan weak point) dari rencana kerja yang telah disusun bersama tersebut. Ajaklah juga menganalisa bagaimana mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi. Ini akan mempengaruhi secara tidak langsung pola pikirnya yang nantinya akan berpengaruh pada pola kerjanya. Kenapa? karena karyawan kita tahu rencana yang susun, dia merasa ikut “memiliki” dihargai idenya, logika berfikirnya dll. Pola pikir berubah… pola kerja berubah!

3,967 total views, 3 views today

The post Mindset appeared first on NLP-Hipnotis-Motivasi-Quantum.

]]>
https://www.hendryrisjawan.com/mindset/feed/ 0 368
Membangun Rapport dengan Efektif https://www.hendryrisjawan.com/membangun-rapport-dengan-efektif/ https://www.hendryrisjawan.com/membangun-rapport-dengan-efektif/#respond Tue, 17 Jun 2014 03:37:29 +0000 https://hendryrisjawan.com/?p=359 The post Membangun Rapport dengan Efektif appeared first on NLP-Hipnotis-Motivasi-Quantum.

]]>
Apa yang ada dibenak kita saat mendengar kata ”RAPPORT”, kebanyakan orang langsung teringat masa sekolah dahulu, yaitu Buku Raport. Yang dimaksud RAPPORT disini bukanlah Buku Raport sewaktu kita sekolah dahulu, tetapi RAPPORT disini yaitu membangun sebuah hubungan dan memulai komunikasi dengan efektif. Dengan membangun RAPPORT yang baik akan akan tercipta suatu kepercayaan dan pengertian. Dalam NLP™ (Neuro Linguistic Programming™), RAPPORT sebagai salah satu ‘tool’ yang sangat berguna untuk memulai komunikasi dan menjalin hubungan, terutama dengan orang yang baru kita kenal.

Salah satu cara untuk membangun RAPPORT adalah dengan mengikuti (pacing), matching/mirroring lawan bicara serta leading melalui fisiologi, kualitas suara, dan bahasa/kata-kata.

Fisiologi meliputi pola nafas, postur, bahasa tubuh, ekpresi wajah, gerakan tangan, gerakan mata, dan lain-lain. RAPPORT kualitas suara melalui tinggi rendah, cepat lambat, volume, warna suara, dan lain-lain. Sedangkan bahasa melalui penggunaan kata-kata sesuai representational system (preferensi komunikasi melalui indera manusia), kata-kata khas dan lain-lain.

Sebagai contoh saya berikan 2 kasus.

Kasus 1:
Anda didatangi seorang Konsultan Asuransi Jiwa dari perusahaan “A”, setelah ia mengenalkan diri, ia langsung memberikan penjelasan mengenai produk asuransi yang ia jual, bagaimana hebatnya produk tsb dibandingkan dengan produk yang sama dari perusahaan lain, manfaat yang akan Anda peroleh, dan ia meyakinkan Anda bahwa Anda pasti membutuhkan produk asuransi yang ia tawarkan tersebut, tanpa memberikan kesempatan Anda untuk bertanya.

Kasus 2:
Anda didatangi seorang Konsultan Asuransi Jiwa dari perusahaan “B”, sebelum ia mengemukakan maksudnya, ia mengenalkan diri terlabih dahulu lalu ia berbasa basi menanyakan bagaimana kabar keluarga Anda, bagaimana pekerjaan Anda di Kantor, bagaimana dengan hobi Anda, dls, dan ia menyimak dengan sangat seksama, bahkan saat Anda bercerita mengenai Liga Dunia ia dapat mengikuti dan mengimbangi pembicaraan Anda dengan sangat baik dan paham sekali mengenai Liga Dunia tsb, suasana yang akrab, hangat dan dekat. Setelah panjang lebar berbasa basi, lalu Konsultan Asuransi tersebut meminta waktu Anda sebentar, sekitar 5-10 menit untuk menjelaskan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dari ke-2 kasus tersebut diatas, jika Anda akan mengambil asuransi Jiwa, kepada siapakah Anda akan mengambilnya? Kepada konsultan dari perusahaan ’A’ kah atau konsultan dari perusahaan ’B’ ? Jika jawaban anda akan mengambil asuransi jiwa dari perusahaan ’B’ berarti Anda BENAR menjawabnya, mengapa? Karena konsultan dari perusahaan ’B’ telah berhasil membangun RAPPORT dengan Anda dengan sangat baik.

Jadi dari kasus diatas dapat kita ketahui bahwa membangun Rapport dengan Trainee/ siswa/ mahasiswa/ klien/ anak atau siapapun sangatlah penting dalam setiap komunikasi. Seringkali kita sebagai Trainer/Guru/Dosen/Sales/O

rangtua melupakan hal tersebut. Sepintar apa pun kita, kita perlu tetap membangun hubungan baik dengan orang yang akan/ sedang kita ajak bicara. Dan kitalah yang harus mengambil inisiative untuk menjembatani hubungan tersebut.Selain itu dalam membangun RAPPORT harus adanya intention (maksud) yang baik. Seseorang yang berkomunikasi dan menjalin hubungan tanpa didasari maksud baik sering kali terdeteksi melalui fisiologi, suara, dan bahasa yang mencerminkan maksud sebenarnya dalam hati, walaupun ia berusaha menutupinya. Atau sering kali lawan bicara akan mengetahuinya melalui intuisinya.Dengan demikian, RAPPORT yang terbaik selalu dimulai dari intention (maksud) yang baik. Seorang Trainer/Guru/Dosen/Sales/Orangtua/dls harus memiliki intention (maksud) yang baik saat hendak menjumpai Trainee/siswa/mahasiswa/klien/anak atau siapapun. Karena kita bukan hanya berkomunikasi melalui tubuh dan bahasa saja, tetapi juga pada tingkat alam bawah sadar (subconscious communication). Dengan memiliki maksud baik, maka alam bawah sadar lawan bicara dapat menangkap dan mengerti maksud baik tersebut.Beberapa tips praktis yang dapat kita gunakan dalam dalam membangun RAPPORT yang efektif adalah:
1. Berikan perhatian kepada Trainee/siswa/mahasiswa/klien/anak atau siapapun.
2. Tunjukkan ketertarikan pada progres mereka.
3. Mintalah komentar.
4. Memiliki sikap/kelakuan yang baik.
5. Respon dan berikan reaksi pada mereka.

Itulah petunjuk praktis dalam membangun RAPPORT yang sangat penting yang sering dilupakan oleh kebanyakan Trainer/Guru/Dosen/Sales/Orangtua.

5,661 total views, 9 views today

The post Membangun Rapport dengan Efektif appeared first on NLP-Hipnotis-Motivasi-Quantum.

]]>
https://www.hendryrisjawan.com/membangun-rapport-dengan-efektif/feed/ 0 359
Quantum Teaching – Menjadikan Kelas Menggairahkan https://www.hendryrisjawan.com/quantum-teaching-menjadikan-kelas-menggairahkan/ https://www.hendryrisjawan.com/quantum-teaching-menjadikan-kelas-menggairahkan/#comments Tue, 17 Jun 2014 03:32:09 +0000 https://hendryrisjawan.com/?p=356 The post Quantum Teaching – Menjadikan Kelas Menggairahkan appeared first on NLP-Hipnotis-Motivasi-Quantum.

]]>
Sejalan dengan perkembangan dunia pendidikan, ditemukan sebuah pendekatan pengajaran yang disebut dengan Quantum TeachingQuantum Teaching sendiri berawal dari sebuah upaya Dr Georgi Lozanov, pendidik asal Bulgaria, yang bereksperimen dengansuggestology. Prinsipnya, sugesti dapat dan pasti mempengaruhi hasil belajar.

Pada perkembangan selanjutnya, Bobbi DePorter (penulis buku best seller Quantum Learning dan Quantum Teaching), murid Lozanov, dan Mike Hernacki, mantan guru dan penulis, mengembangkan konsep Lozanov menjadi Quantum Learning. Metode belajar ini diadopsi dari beberapa teori. Antara lain sugesti, teori otak kanan dan kiri, teori otak triune, pilihan modalitas (visual, auditorial, dan kinestetik) dan pendidikan holistik.

Konsep itu sukses diterapkan di Super Camp, lembaga kursus yang dibangun de Porter. Dilakukan sebuah penelitian untuk disertasi doktroral pada 1991, yang melibatkan sekitar 6.042 responden. Dari penelitian itu, Super Camp berhasilmendongkrak potensi psikis siswa. Antara lain peningkatan motivasi 80%, nilai belajar 73% , meningkatkan harga diri 84% dan melanjutkan penggunaan keterampilan 98%.

Persamaan Quantum Teaching ini diibaratkan mengikuti konsep Fisika Quantum yaitu:

E = mc2

E = Energi (antusiasme, efektivitas belajar-mengajar,semangat)

M = massa (semua individu yang terlibat, situasi, materi, fisik)

c = interaksi (hubungan yang tercipta di kelas)

 

Berdasarkan persamaan ini dapat dipahami, interaksi serta proses pembelajaran yang tercipta akan berpengaruh besar sekali terhadap efektivitas dan antusiasme belajar pada peserta didik.

 

B. Arti Quantum Teaching

Kata Quantum sendiri berarti interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya. Jadi Quantum Teaching menciptakan lingkungan belajar yang efektif, dengan cara menggunakan unsur yang ada pada siswa dan lingkungan belajarnya melalui interaksi yang terjadi di dalam kelas.

Dalam Quantum Teaching bersandar pada konsep ‘Bawalah dunia mereka ke dunia kita, dan antarkan dunia kita ke dunia mereka’. Hal ini menunjukkan, betapa pengajaran dengan Quantum Teaching tidak hanya menawarkan materi yang mesti dipelajari siswa. Tetapi jauh dari itu, siswa juga diajarkan bagaimana menciptakan hubungan emosional yang baik dalam dan ketika belajar.

Dengan Quantum teaching kita dapat mengajar dengan memfungsikan kedua belahan otak kiri dan otak kanan pada fungsinya masing-masing. Penelitian di Universitas California mengungkapkan bahwa masing-masing otak tersebut mengendalikan aktivitas intelektual yang berbeda.

Otak kiri menangani angka, susunan, logika, organisasi, dan hal lain yang memerlukan pemikiran rasional, beralasan dengan pertimbangan  yang deduktif dan analitis. Bgian otak ini yang digunakan berpikir mengenai hal-hal yang bersifat matematis dan ilmiah. Kita dapat memfokuskan diri pada garis dan rumus, dengan mengabaikan kepelikan tentang warna dan irama.

Otak kanan mengurusi masalah pemikiran yang abstrak dengan penuh imajinasi. Misalnya warna, ritme, musik, dan proses pemikiran lain yang memerlukan kreativitas, orisinalitas, daya cipta dan bakat artistik. Pemikiran otak kanan lebih santai, kurang terikat oleh parameter ilmiah dan matematis. Kita dapat melibatkan diri dengan segala rupa dan bentuk, warna-warni dan kelembutan, dan mengabaikan segala ukuran dan dimensi yang mengikat.

 

C. Prinsip Quantum Teaching

Prinsip dari Quantum Teaching, yaitu:

  1. Segalanya berbicara, lingkungan kelas, bahasa tubuh, dan bahan pelajaran semuanya menyampaikan pesan tentang belajar.
  2. Segalanya bertujuan, siswa diberi tahu apa tujuan mereka mempelajari materi yang kita ajarkan.
  3. Pengalaman sebelum konsep, dari pengalaman guru dan siswa diperoleh banyak konsep.
  4. Akui setiap usaha, menghargai usaha siswa sekecil apa pun.
  5. Jika layak dipelajari, layak pula dirayakan, kita harus memberi pujian pada siswa yang terlibat aktif pada pelajaran kita. Misalnya saja dengan memberi tepuk tangan, berkata: bagus!, baik!, dll.

 

Kerangka rancangan Belajar Quantum Teaching yang dikenal sebagai TANDUR

  1. TUMBUHKAN. Tumbuh- kan minat dengan memuaskan “Apakah Manfaat BAgiKU “ (AMBAK), dan manfaatkan kehidupan pelajar
  2. ALAMI. Ciptakan atau datangkan pengalaman umum yang dapat dimengerti semua pelajar
  3. NAMAI. Sediakan kata kunci, konsep, model, rumus, strategi sebuah “masukan”
  4. DEMONSTRASIKAN. Sediakan kesempatan bagi pelajar untuk ‘menunjukkan bahwa mereka tahu”
  5. ULANGI. Tunjukkan pelajar cara-cara mengulang materi dan menegaskan , “Aku tahu dan memang tahu ini”.
  6. RAYAKAN. Pengakuan  untuk penyelesaian, partisipasi, dan pemerolehan keterampilan dan ilmu pengetahuan

 

D. Petunjuk Pelaksanaan  Quantum Teaching (Contoh Kasus di SMA Anu)

  1. Guru wajib memberi keteladanan sehingga layak menjadi panutan bagi peserta didik, berbicaralah yang jujur , jadi pendengar yang baik dan selalu gembira (tersenyum).
  2. Guru harus membuat suasana belajar yang menyenangkan/kegembiraan. “learning is most effective when it’s fun. ‘Kegembiraan’ disini berarti bangkitnya minat, adanya keterlibatan penuh, serta terciptanya makna, pemahaman (penguasaan atas materi yang dipelajari) , dan nilai yang membahagiakan pada diri peserta didik.
  3. Lingkungan Belajar yang aman, nyaman dan bisa membawa kegembiraan:
    1. Pengaturan meja dan kursi diubah dengan berbagai bentuk seperti bentuk U, lingkaran
    2. Beri tanaman, hiasan lain di luar maupun di dalam kelas
    3. Pengecatan warna ruangan, meja, dan kursi yang yang menjadi keinginan dan kebanggaan kelas
    4. Ruangan kelas dihiasi dengan poster yang isinya slogan, kata mutiara pemacu semangat, misalnya kata: “Apapun yang dapat Anda lakukan, atau ingin Anda lakukan, mulalilah. Keberanian memiliki kecerdasan, kekuatan, dan keajaiban di dalamnya” (Goethe).
  4. Guru harus memahami bahwa perasaan dan sikap siswa akan terlibat dan berpengaruh yang kuat pada proses belajarnya. Guru dapat mempengaruhi suasana emosi siswa dengan cara :
    •  kegiatan-kegiatan pelepas stres seperti menyanyi bersama, mengadakan permainan, outbond dan sebagainya.
    • aktivitas-aktivitas yang menambah kekompakan seperti melakukan tour, makan bersama dan sebagainya.
    • menyediakan forum bagi emosi untuk dikenali dan diungkapkan yaitu melalui bimbingan konseling baik oleh petugas BP/BK maupun guru itu sendiri.

5. Memutar musik klasik  ketika proses belajar mengajar berlangsung. Namun sekali-kali akan diputarkan instrumental dan bisa diselingi jenis musik lain untuk bersenang-senang dan jeda dalam pembelajaran.

6. Sikap guru kepada peserta didik :

    • Pengarahan “Apa manfaat materi pelajaran ini bagi peserta didik” dan tujuan
    • Perlakukan peserta didik sebagai manusia sederajat
    • Selalu menghargai setiap usaha dan merayakan hasil kerja peserta didik
    • Memberikan stimulus yang mendorong peserta didik
    • Mendukung peserta 100% dan ajak semua anggota kelas untuk saling mendukung
    • Memberi peluang peserta didik untuk mengamati dan merekam data hasil pengamatan, menjawab pertanyaan dan mempertanyakan jawaban, menjelaskan sambil memberikan argumentasi, dan sejumlah penalaran.

8. Terapkan 8 kunci keunggulan ini kedalam rencana pelajaran setiap hari. Kaitkan kunci-kunci ini dengan kurikulum.

    1. Integritas: Bersikaplah jujur, tulus, dan menyeluruh. Selaraskan nilai-nilai dengan perilaku Anda
    2. Kegagalan Awal Kesuksesan: Pahamilah bahwa kegagalan hanyalah memberikan informasi yang Anda butuhkan untuk sukses
    3. Bicaralah dengan Niat Baik: Berbicaralah dengan pengertian positif, dan bertanggung jawablah untuk berkomunikasi yang jujur dan lurus. Hindari gosip.
    4. Hidup di Saat Ini: Pusatkan perhatian pada saat ini dan kerjakan dengan sebaik-baiknya
    5. Komitmen: Penuhi janji dan kewajiban, laksanakan visi dan lakukan apa yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan
    6. Tanggung Jawab: Bertanggungjawablah atas tindakan Anda.
    7. Sikap Luwes dan Fleksibel: Bersikaplah terbuka terhadap perubahan atau pendekatan baru yang dapat membantu Anda memperoleh hasil yang diinginkan.
    8. Keseimbangan: Jaga keselarasan pikiran, tubuh, dan jiwa Anda. Sisihkan waktu untuk membangun dan memelihara tiga bidang ini.

 

9. Guru yang seorang Quantum Teacher mempunyai ciri-ciri dalam berkomunikasi yaitu :

    1. Antusias : menampilkan semangat untuk hidup
    2. Berwibawa : menggerakkan orang
    3. Positif : melihat peluang dalam setiap saat
    4. Supel : mudah menjalin hubungan dengan beragam peserta didik
    5. Humoris : berhati lapang untuk menerima kesalahan
    6. Luwes : menemukan lebih dari satu untuk mencapai hasil
    7. Menerima : mencari di balik tindakan dan penampilan luar untuk menemukan nilai-nilai inti
    8. Fasih : berkomunikasi dengan jelas, ringkas, dan jujur
    9. Tulus : memiliki niat dan motivasi positif
    10. Spontan : dapat mengikuti irama dan tetap menjaga hasil
    11. Menarik dan tertarik : mengaitkan setiap informasi dengan pengalaman hidup peserta didik dan peduli akan diri peserta didik
    12. Menganggap peserta didik “mampu” : percaya akan keberhasilan peserta didik
    13. Menetapkan dan memelihara harapan tinggi : membuat pedoman kualitas hubungan dan kualitas kerja yang memacu setiap peserta didik untuk berusaha sebaik mungkin

10. Semua peserta didik diusahakan untuk  memiliki modul/buku sumber belajar lainnya, dan buku yang bisa dipinjam dari Perpustakaan. Tidak diperkenankan guru mencatat/menyuruh peserta didik untuk mencatat pelajaran di papan tulis

11. Dalam melakukan penilaian guru harus berorientasi pada :

    •  Acuan/patokan. Semua kompetensi perlu dinilai sesuai dengan acuan kriteria berdasarkan indikator hasil belajar.
    • Ketuntasan Belajar. Ketuntasan belajar ditetapkan dengan ukuran atau tingkat pencapaian kompetensi yang memadai dan dapat dipertanggungjawakan sebagai prasyarat penguasaan kompetensi berikutnya.
    • Metoda penilaian dengan menggunakan variasi, antara lain :
      • Tes Tertulis : pertanyaan-pertanyaan tertulis
      • Observasi : pengamatan kegiatan praktik
      • Wawancara : pertanyaan-pertanyaan langsung tatap muka
      • Portfolio : Pengamatan melalui bukti-bukti hasil belajar
      • Demonstrasi : Pengamatan langsung kegiatan praktik/pekerjaan yang sebenarnya

12. Kebijakan sekolah dalam KBM yang patut diperhatikan oleh guru :

    • Guru wajib mengabsensi peserta didik setiap masuk kelas
    • Masuk kelas dan keluar kelas tepat waktu. Jam pertama misalnya 07.30 dan jam terakhir harus pulang sama-sama setelah bel berbunyi. Pada jam istirahat tidak diperkenankan ada kegiatan belajar mengajar.
    • Guru wajib membawa  buku absen & daftar nilai, Silabus, RPP, program semester, modul/bahan ajar sejenisnya  ketika sedang mengajar
    • Selama KBM tidak boleh ada gangguan yang dapat mengganggu konsentrasi peserta didik. Misalnya guru/peserta berkomitmen bersama untuk tidak mengaktifkan HP ketika PBM berlangsung
    • Guru harus mendukung kebijakan sekolah baik yang berlaku baik untuk dirinya sendiri maupun untuk peserta didik dan berlaku proaktif.
    • Untuk pelanggaran oleh peserta didik maka hukuman dapat ditentukan secara musyawarah bersama peserta didik, namun untuk pelanggaran kategori berat sekolah berat menentukan kebijakan sendiri.

13. Pengalaman belajar hendaknya menggunakan sebanyak mungkin indera untuk berinteraksi dengan isi pembelajaran.

    • Terdapat kegiatan membaca, menjelaskan, demonstrasi, praktek, diskusi, kerja kelompok, pengulangan kembali dalam menjelaskan dan cara lain yang bisa ditemukan oleh guru.
    • Gunakan spidol warna-warni dalam membantu menjelaskan di papan tulis.
    • Disarankan menggunakan media pendidikan seperti projector, bagan, dan sebagainya.
    • Diperbolehkan belajar di luar kelas seperti di bawah pohon, dipinggir jalan

Siswa belajar : 10% dari apa yang dibaca, 20% dari apa yang didengar, 30% dari apa yang dilihat, 50% dari apa yang di lihat dan dengar, 70% dari apa yang  dikatakan, dan 90% dari apa yang dikatakan dan lakukan (Vernon A. Magnessen, 1983). Ini menunjukkan guru mengajar dengan ceramah, maka siswa akan mengingat dan menguasai hanya 20% karena siswa hanya mendengarkan. Sebaliknya jika guru meminta siswa untuk melakukan sesuatu dan melaporkanknya maka akan mengingat dan menguasai sebanyak 90%.

  1. Guru harus selalu menghargai setiap usaha dan hasil kerja siswa serta memberikan stimulus yang mendorong siswa untuk bernuat dan berpikir sambil menghasilkan kara dan pikiran kreatif. Ini memungkinkan siswa menjadi pembelajar seumur hidup. Untuk itu guru bisa menggunakan berbagai metoda dan pengalaman belajar melalui contoh yang konstekstual. Setiap kesuksesan dalam belajar siswa layak untuk dirayakan.
  1. Suasana belajar siswa, guru dapat mengarahkan kearah ke ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Suasana belajar juga melibatkan mental-fisik-emosi –sosial siswa secara aktif supaya memberi peluang siswa untuk mengamati dan merekam data hasil pengamatan, menjawab pertanyaan dan mempertanyakan jawaban, menjelaskan sambil memberikan argumentasi, dan sejumlah penalaran.

 

E. Penutup

Sekolah yang didirikan DePorter itu, menjadi pusat percontohan tempat metodeQuantum dipraktikkan. Remaja, karyawan, eksekutif perusahaan, menjadi murid di sekolah ini. Tujuannya satu: menjadi manusia baru. Itulah sebabnya Jack Canfielf, penulis buku Chicken Soup of the Soul mengatakan, metode ini akan mengobarkan kembali api yang ada di dalam diri Anda.

Penulis telah melakukan uji coba di SMK Y untuk melaksanakan pengajaran model quantum ini, namun ternyata tidak semudah harapan dan teori yang ditulis oleh DePorter, penulis mengalami hambatan antara lain :

1.  Ketika ada musik dalam pembelajaran, para guru merasa keberatan dan merasa aneh. Mereka menganggap musik justru mengganggu konsentrasi

2.  Guru dan Siswa SMK Y tidak terbiasa mendengar musik klasik, instrument yang lembut. Sehingga ketika musik dipaksakan di dengarkan di kelas, siswa malah mengantuk dan guru merasa terganggu

3.   Tidak bisa selamanya guru berlaku manis, baik dan perhatian kepada siswa. Justru sikap ini bisa diremehkan siswa. Jadi guru dalam hal ini harus lengkap perangainya bisa marah namun juga  bisa ramah.

Namun untuk penerapan di SMA Favorite di sebuah kota Anu dan di  sebuah Lembaga Bimbingan Belajar, sungguh Quantum Teaching merupakan keberhasilan yang luar biasa antara guru, siswa dan sekolah/Lembaga Bimbel dalam bersama-sama meraih puncak prestasi. Jika Anda menjadi guru apa dan di sekolah mana saja silahkan mencoba menerapkan Quantum Teaching, dan penulis ucapkan : Selamat menjadi Guru Quantum yang ‘kan menjadikan kelas “Bergairah dan Menyenangkan

 

Penulis: Guruvalah

Sumber :

Buzan, Tony, The Min Map Book, New York: Dutton, 1993

DePorter, Bobbi and  Mike Hernacki, Quantum Learning, New York: Dell Publishing, 2001

________. et. Al., Quantum Teaching, New York : dell Publishing, 2001.

Lozanov, George, Suggestology and Suggestopedia, Paris : makalah yang disajikan kepada United Nations Educational Scientific and Cultural Organization, 1087

Megensen, Vernon, Innovative Abstracks 5, 25 National Institute for Staff and Organizational Development, University of Texas, Austin, Texas, 1993

4,711 total views, 2 views today

The post Quantum Teaching – Menjadikan Kelas Menggairahkan appeared first on NLP-Hipnotis-Motivasi-Quantum.

]]>
https://www.hendryrisjawan.com/quantum-teaching-menjadikan-kelas-menggairahkan/feed/ 1 356
Mengatasi Stres https://www.hendryrisjawan.com/mengatasi-stres/ https://www.hendryrisjawan.com/mengatasi-stres/#respond Sat, 26 Apr 2014 18:27:33 +0000 https://hendryrisjawan.com/?p=322 The post Mengatasi Stres appeared first on NLP-Hipnotis-Motivasi-Quantum.

]]>
Seseorang tidak dapat berada dalam kondisi stres terlalu lama, karena tubuh juga memerlukan kondisi rileks. Kondisi rileks akan menyegarkan tubuh, fisik maupun psikis, sehingga tubuh lebih siap menghadapi berbagai situasi. Kondisi stres berkepanjangan, selain dapat memperburuk respon seseorang, juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan berkontribusi negatif terhadap kesehatan.

Yang terpenting dalam menangani stres adalah mengangkat atau meringankan keadaan stres tersebut. Tujuannya adalah agar seseorang dapat menghadapi situasi dalam keadaan yang lebih tenang dan rileks, yang dapat meningkatkan kualitas respon seseorang.

Banyak metode yang dapat dilakukan untuk menangani stres, salah satunya adalah Bersyukur. Bersyukur  merupakan cara yang paling ampuh dalam mengatasi stress, bagaimana tidak. karena pada umumnya orang mengalami stres karena tidak kuat dengan apa yang telah terjadi atau keadaan yang menimpanya. Dengan bersyukur kita akan senantiasa ingat bahwa segala sesuatu yang kita peroleh merupakan pemberian dari ALLAH SWT dan seyogyanya kita terima dan kita kerjakan dengan rasa ikhlas.

 

Tips Mencegah Stress:

  • Rencanakan perubahan-perubahan besar dalam kehidupan Anda dan beri waktu secukupnya bagi diri anda untuk menyesuaikan dari perubahan tersebut.
  • Rencanakan waktu Anda dengan baik dengan membuat daftar yang harus dikerjakan dan dilaksanakan sesuai urutan prioritas.
  • Buat keputusan dengan hati-hati. Pertimbangkan baik-baik sisi baik atau buruk sebelum memutuskan sesuatu.
  • Jaga kesehatan, makan dengan baik, tidur cukup dan latihan olah raga secara teratur
  • Rencanakan waktu untuk rekreasi
  • Teknik relaksasi seperti napas dalam, meditasi atau pijatan mungkin bisa membantu menghilangkan stress.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Tingkatkan makan makanan yang kaya akan karbohidrat (buah-buahan, sayuran, dan padi-padian) dan kurangi konsumsi gula dan makanan yang telah dimurnikan.
  • Kurangi konsumsi kopi, teh, dan alkohol.
  • Di pagi hari bukalah jendela kamar, dan mulailah hari Anda dengan mengambil napas dalam-dalam sambil melakukan afirmasi yang positif.
  • Pertahankan hubungan baik dengan keluarga Anda.
  • Tetap pelihara hubungan dengan teman-teman Anda.
  • Gunakan waktu Anda sebaik-baiknya dengan melakukan hobi anda atau melakukan sesuatu untuk orang lain.
  • Pertahankan agar pikiran Anda tetap aktif dengan mengikuti hal-hal yang baru.

 

Pendekatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual

Tentu saja stres yang negatif tidak akan mengidap orang-orang yang punya kecerdasan emosional dan spiritual yang baik. Sebab, orang yang cerdas secara emosional punya kemampuan untuk mengendalikan diri, semangat dan ketekunan. Ia juga mampu memotivasi diri sendiri dan bisa bertahan menghadapi frustasi. Sanggup mengendalikan dorongan hati dan emosi. Ia tidak melebih-lebihkan kesenangan, mampu mengatur suasana hati (mood), dan menjaga agar beban stress tidak melumpuhkan kemampuan berpikir serta membaca perasaan terdalam orag lain (empati), bahkan mampu memelihara hubungan dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu, ia punya kemampuan untuk menyelesaikan konflik. Dan yang paling penting lagi, mampu untuk berharap dan berdoa.

Sedangkan kecerdasan spiritual adalah kecerdasan untuk menghadapi persoalan makna atau value. Kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup kita dalam konteks makna yang lebih tinggi, luas, dan kaya (nilai-nilai spiritual yang bersumberkan pada Ilahiah). Kecerdasan untuk menilai bahwa suatu tindakan atau suatu jalan hidup lebih bermakna dibandingkan dengan yang lain.

Berikut ini beberapa tips mengelola stress berdasarkan kedua kecerdasan tersebut.

  • Menikmati hidup dan tidak membesar-besarkan masalah secara berlebihan (proporsional).
  • Memiliki pengendalian diri (tidak membiasakan diri melepas emosi secara liar dengan berusaha mengontrolnya).
  • Terapkan konsep sabar. Sesungguhnya sabar akan menyelamatkan dari perilaku dan akibat yang tidak diinginkan.
  • Bertanggung jawab terhadap diri sendiri (tidak menyia-nyiakan waktu dan energi yang dimiliki, dengan berusaha memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan bertujuan, terutama untuk memenuhi kebutuhan, keinginan, dan aspirasi).
  • Tidak menjadi orang yang terlalu dominan maupun penurut, tetapi jadilah orang yang asertif (yaitu memiliki kepercayaan diri dan harga diri, bertindak secara rasional dan dewasa, menyatakan secara langsung apa yang diinginkan, memiliki pendekatan yang khas terhadap hidup, jujur, positif, terbuka, serta menghargai dan memahami orang lain seperti yang dilakukan terhadap diri sendiri).
  • Berusaha melakukan sesuatu secara tulus dan ikhlas. Ketulusan akan menghindari seseorang dari kekecewaan.
  • Terlibat dalam aktifitas yang dapat menenangkan pikiran, seperti rutinitas spiritual (tilawah Qur’an, shalat, tahajud), dan terlibat dalam kegiatan sosial, mengembangkan hobi, dan rekreasi.
  • Mencintai dan menerima diri apa adanya (dengan segala kelebihan dan kekurangannya). Menerapkan konsep syukur nikmat.
  • Jangan pernah berhenti untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Ini akan menimbulkan semangat, karena ada yang ingin dicapai.
  • Berpikir positif dan menghindari berpikir negatif. Jauhi prasangka buruk, tentu saja tanpa menghilangkan kewaspadaan dan usaha klarifikasi.
  • Sadar bahwa sudah tabiat kehidupan itu ada enak dan ada tidak enaknya, karena itu hindari kecenderungan lupa diri (lalai) baik saat senang maupun saat sedih.
  • Berolah raga secara rutin.
  • Istirahat dan tidur yang cukup.
  • Makan makanan yang seimbang dan teratur, yang tentu saja halal.
  • Jika mendapat masalah yang membebani pikiran cobalah untuk berdiskusi dengan teman/rekan yang dapat dipercaya.
  • Perkaya pergaulan, dekati orang-orang yang bermental kuat dan stabil (orang-orang shalih), orang-orang ini akan menularkan biah kebaikan di saat kita stress.
  • Berusaha membuat hidup menjadi produktif, tanpa membunuh diri sendiri (jangan terlalu banyak kegiatan sehingga over loaded).
  • Luangkan waktu untuk rileks.
  • Berpelukan,kekuatan interaksi dan hubungan antar manusia, termasuk dalam urusan untuk mengurangi stres. Pelukan terbukti akan memberikan stimulasi pada tubuh untuk mengeluarkan lebih banyak hormon kimia anti-stres dalam tubuh. Sentuhan dan tekanan lembut dalam bentuk pelukan hangat akan membuat tubuh rileks seketika itu juga.
  • Mencoba menerapkan teknik relaksasi. Dalam kondisi tegang, cobalah untuk merelaksasikan fikiran dan tubuh dengan beberapa metode relaksasi sambil misalnya duduk relaks atau berbaring sambil menghirup nafas dalam-dalam dan mengeluarkannya perlahan-lahan selama kira-kira 10 menit.
  • Bayangkan dan rasakan kasih sayang kita kepada seseorang dan Kasih sayang Tuhan kepada diri kita. Dengan sering merasakan kasih sayang, akan membuat emosi diri kita lebih stabil, sehingga terhindar dari stres.
  • Selalu berharap dan berdoa kepada Allah. Doa adalah ekspresi ketawakalan manusia kepada Sang Maha Pencipta, juga berfungsi sebagai penangkal frustasi. Keyakinan akan diberikan jalan keluar oleh Allah, akan mempertahankan keoptimisan, karena kita memiliki harapan.

3,819 total views, 5 views today

The post Mengatasi Stres appeared first on NLP-Hipnotis-Motivasi-Quantum.

]]>
https://www.hendryrisjawan.com/mengatasi-stres/feed/ 0 322