NLP

EFFECTIVE COMMUNICATION SKILL WITH NLP

NLP-CommunicationNLP adalah Kunci keberhasilan seseorang untuk memenangkan kompetisi kehidupan salah satunya adalah dengan kemampuan komunikasi persuasif. Tak pelak dalam setiap adegan kehidupan terpendek sekalipun, kita tetap harus berkomunikasi. Dalam Presupposisi NLP disebutkan we can not not to communicate.

Karena kita tidak mungkin tidak berkomunikasi, maka yang harus dipastikan adalah komunikasi kita haruslah tepat. Tepat baik dari maksud pesannya, konteknya dan ekologisnya. Seringkali masalah antar personal muncul karena masing-masing orang bersikukuh untuk berkomunikasi dengan caranya masing-masing tanpa pernah berusaha mengerti bahwa orang lain adalah makhluk Tuhan yang unik dan sangat berbeda dengan dirinya. Hal ini akan menjadi potensi negatif yang bersifat laten di setiap organisasi maupun perusahaan.

Karena produktifitas perusahaan berbanding lurus dengan efektifitas komunikasi karyawan, maka hal ini perlu menjadi perhatian serius bagi setiap perusahaan. NLP mengulas komunikasi mulai dari point teknis (conscious area) hingga point yang mengungkap pesan terdalam pada proses komunikasi (unconscious area). Sehingga kita dapat menjadi pribadi yang elegan  dalam berkomunikasi.

MANFAAT TRAINING

  • Mempelajari dasar komunikasi berbasis NLP, untuk memahami bagaimana manusia membentuk makna.
  • Kemampuan membangun Instant Rapport (hubungan yang akrab dan cepat) kepada tersangka.
  • Mempelajari precise interrogasi, teknik probing untuk menggali akurasi jawaban.
  • Mempelajari mengenai presupotition, yakni gejala penggunaan bahasa yang menggunakan asumsi tersembunyi, sehingga bisa dilakukan upaya pembongkaran terhadap asumsi itu.
  • Cara menggali informasi dengan cermat dan mendeteksi kebohongan untuk meningkatkan efektivitas interogasi dengan pendekatan NLP.
  • Menguasai body language dan callibration untuk membaca kebohongan dan lain-lain.
  • Mendeteksi kebohongan dan informasi palsu untuk meningkatkan efektivitas interogasi dengan pendekatan NLP
  • Menguasai teknik yang memungkinkan kita untuk memiliki beberapa perspektif dalam situasi sehingga kita dapat memiliki pengaruh yang lebih besar dan bahkan lebih fleksibel.
  • Cara meyakinkan dan mempengaruhi dalam proses perundingan dan negosiasi dengan pendekatan NLP.
  • Memberikan informasi yang akurat, mudah dipahami, diingat dan diimplementasikan dalam berkomunikasi dengan pendekatan NLP.

SELLING SKILL WITH NLP

NLP-SellingBahwa Selling tidak hanya sebatas menjual sebuah produk atau jasa saja, melainkan juga termasuk proses membujuk danmempengaruhi seseorang (prospek) sehingga mereka mau dan senang melakukan apa saja yang kita inginkan.

  • Seni membujuk dan mempengaruhi prospek dengan metoda yang biasa digunakan dalam NLP (jika pasien yang memiliki masalah emosional bisa diubah perilakunya dengan efektif, apalagi prospek anda yang hanya ragu ragu untuk mengambil keputusan membeli dari anda).
  • Bagaimana tampil penuh percaya diri ketika berhadapan dengan prospek.
  • Beda “MEMUJI” dengan “MENJILAT” dan bagaimana menggunakan pujian tulus untuk mempengaruhi prospek anda.
  • Bagaimana caranya membina hubungan akrab dan SETUJU/ SEPAHAMdengan prospek TANPA HARUS
  • Bagaimana menanamkan perintah terselubung ke bawah sadar prospek sehingga mereka senang dan puas membeli/menerima saran anda.
  • Bagaimana cara mengatasi dan menggunakan keberatan prospek untuk mencapai tujuan anda.
  • Bagaimana membuang hambatan diri untuk menuju kesuksesan Anda.
  • Meraih outcome yang Anda inginkan.

APPLIED NLP FOR PERSONAL EXCELLENCE

NLP-personal ExcellencePelatihan ini memberikan kemampuan untuk mengaplikasikan teknologi pemberdayaan dan optimalisasi fungsi otak serta pikiran bawah sadar untuk pengembangan diri, pencapaian prestasi, pengelolaan bisnis, kesehatan fisik dan mental, pendidikan, dan peningkatan kualitas hidup.

NLP (neuro-linguistic programming) sebagai pendekatan mutakhir dalam teknologi pemberdayaan manusia dengan seperangkat presuposisi dan teknik-teknik yang praktis namun sangat efektif dan efisien, dapat diaplikasikan secara riil dalam berbagai bidang baik pekerjaan maupun personal.

NLP terbukti memiliki kelebihan dalam hal mampu memberdayakan manusia dengan teknologi fungsi otak yang sangat efisien (cepat) dan efektif dalam arti berdampak kuat terhadap peningkatan pengetahuan, perubahan sikap, pembentukan perilaku serta kebiasaan-kebiasaan positif.

MANFAAT WORKSHOP

  1. Memahami tentang cara kerja pikiran manusia
  2. Memahami tentang komunikasi pikiran sadar dan bawah sadar
  3. Mampu menghilangkan penyakit mental (mental block) yang merugikan
  4. Menampilkan kemampuan terbaik setiap saat dalam berbagai situasi
  5. Mampu menghilangkan kebiasaan dan perilaku negatif
  6. Mampu membentuk kebiasaan-kebiasaan positif
  7. Mampu melakukan komunikasi dan hubungan interpersonal yang elegan
  8. Mampu menghilangkan gejala-gejala penyakit simptomatik
  9. Mampu mengubah memory yang mengganggu menjadi produktf
  10. Mampu mengatasi kondisi negatif akibat trauma dan fobia
  11. dan lain-lain

EFFECTIVE INVESTIGATION SKILL WITH NLP

NLP-InvestigasiDalam menjalankan investigasi kita tidak akan lepas dari proses komunikasi antar manusia. Seringkali dalam praktiknya menjadi kurang berhasil karena proses komunikasi yang tidak efektif, baik komunikasi verbal maupun komunikasi non verbal hal ini dikarenakan kurang dalam menggali informasi dengan cermat dan akurat.

NLP (Neuro-Linguistic Programmingsebagai pendekatan praktis dalam teknologi rekayasa manusia (human engineering) menyediakan seperangkat teknik yang dapat membantu efektifitas komunikasi, khususnya pada proses Interogasi ataupun wawancara, seperti pacing & leading, meta model, body language, Hypnotic Language Pattern, dll.

Tantangan dalam investigasi biasanya adalah belum maksimalnya investigatormenggalang hubungan yang harmonis sehingga tidak seluruh potensi bisa tergali. Tantangan lain adalah kemampuan interrogator atau investigator untuk ‘membaca’ tersangka, mengenali kebohongan dan gejala hiperbolis. Dengan demikian hasil dari interview bisa menjadi tajam dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengambil keputusan yang akurat.

MANFAAT PELATIHAN

  • Mempelajari dasar komunikasi berbasis NLP, untuk memahami bagaimana manusia membentuk makna.
  • Kemampuan membangun Instant Rapport (hubungan yang akrab dan cepat) kepada tersangka.
  • Mempelajari precise interrogasi, teknik probing untuk menggali akurasi jawaban.
  • Mempelajari mengenai presupotition, yakni gejala penggunaan bahasa yang menggunakan asumsi tersembunyi, sehingga bisa dilakukan upaya pembongkaran terhadap asumsi itu.
  • Cara menggali informasi dengan cermat dan mendeteksi kebohongan untuk meningkatkan efektivitas interogasi dengan pendekatan NLP.
  • Menguasai body language dan callibration untuk membaca kebohongan dan lain-lain.
  • Mendeteksi kebohongan dan informasi palsu untuk meningkatkan efektivitas interogasi dengan pendekatan NLP
  • Menguasai teknik yang memungkinkan kita untuk memiliki beberapa perspektif dalam situasi sehingga kita dapat memiliki pengaruh yang lebih besar dan bahkan lebih fleksibel.
  • Cara meyakinkan dan mempengaruhi dalam proses perundingan dan negosiasi dengan pendekatan NLP.
  • Memberikan informasi yang akurat, mudah dipahami, diingat dan diimplementasikan dalam berkomunikasi dengan pendekatan NLP.

BECOMING SUCCESSFUL LEADER WITH NLP

NLP-LeaderMenjawab tantangan global dan menyesuaikan diri dengan tingkat kompetisi pasar yang ketat, adalah keharusan bagi semua organisasi bisnis yang ingin mempertahankan eksistensinya dan meningkatkan pencapaian bisnisnya.

Human Capital atau modal sumber daya manusia (SDM) adalah pelaku utama, karena merupakan penentu berfungsi atau tidaknya modal organisasi yang lain. Mengelola SDM adalah salah satu fungsi kunci dalam organisasi karena menentukan berhasil tidaknya pencapaian Misi dan Objective organisasi.

Manager sebagai wakil Management yang berhubungan langsung dengan karyawan memiliki fungsi yang vital karena harus mampu menjadi jembatan untuk menerjemahkan Visi Perusahaan dan menderivasinya untuk dioperasionalkan bersama-sama dengan karyawan lainnya. Di sisi lain, Manager mengemban amanah untuk mampu menyerap dan mengkomunikasikan aspirasi karyawan sebagai input bagi Perusahaan untuk menjaga congruency dalam tubuh perusahaan, agar tidak muncul ketimpangangan yang berpotensi menyulut konflik dan perpecahan yang kontraproduktif bahkan dapat mengancam eksistensi organisasi.

NLP (Neuro Linguistic Programming) adalah pendekatan paling mutakhir dalam teknologi pemberdayaan dan optimalisasi cara kerja pikiran/otak manusia yang berimplikasi pada peak performance dan personal excellence individu karena pada dasarnya mental dan fisiologis manusia dikendalikan oleh pikiran pada 2 levels (conscious dan unconscious). Penerapan NLP pada dunia bisnis dan pengembangan Human Capital telah terbukti memberikan kontribusi yang luar biasa, karena mampu melakukan perubahan paradigma dan membentuk perilaku positif secara nyata dalam waktu relatif singkat dan membekali individu dengan teknik-teknik praktis dan aplikatif yang sangat konkrit manfaatnya untuk mencapai peak performance.

EFFECTIVE COACHING & COUNSELING WITH NLP

NLP-CoachingMasalah produktivitas pegawai atau karyawan erat kaitannya dengan personal state directive maupun non directive yang bertujuan membantu pegawai mengatasi masalahnya. Di sisi lain proses Konseling menjadi tidak efektif karena gagal menemukan akar permasalahan yang sebenarnya, sehingga solusi yang muncul juga tidak menyelesaikan problem yang mendasar dan potensial untuk muncul kembali sewaktu-waktu pada karyawan yang bersangkutan.

Karyawan yang bermasalah adalah bagian dari tantangan produktivitas yang harus disiasati secara efektif., baik oleh atasan langsungnya maupun bidang Kepegawaian, salah satunya dengan melakukan Konseling. Banyak pendekatan dalam proses Konseling, baik

Konseling yang efektif dimulai dengan proses penggalian informasi, klarifikasi dan konfirmasi atas permasalahan yang mendasar dan berpengaruh terhadap kinerja individu. Kemudian dilanjutkan dengan pemecahan masalah dengan mengarahkan untuk menemukan alternatif solusi secara mandiri. Di bagian akhir perlu dibangun tujuan yang nyata dan terukur dan ditutup dengan mengikat komitmen untuk menjalankan action plan secara konkrit. Langkah-langkah ini hanya bisa dilakukan bila memiliki kemampuan teknik komunikasi, kalibrasi dan klarifikasi untuk memastikan akurasi informasi, serta kemampuan memahami cara kerja pikiran dalam menemukan alternatif pemecahan masalah.

NLP (Neuro-Linguistic Programming), sebagai teknologi yang mempelajari cara kerja dan optimalisasi pikiran manusia, dengan pola unconscious mind communication (komunikasi pikiran bawah sadar) dan seperangkat metode pemberdayaan pikiran lainnya memastikan bahwa proses komunikasi dalan proses Konseling berjalan efektif untuk:

  • menemukan akar permasalahan,
  • menemukan alternatif solusi dan
  • mengikat komitmen pencapaian tujuan secara konkrit

sehingga karyawan dapat menampilkan kinerja yang optimal dan produktif.

TRAINING FOR TRAINERS WITH NLP

NLP-TrainerSeorang Trainer tidak cukup hanya menguasai bahan pelatihan, namun harus seorang yang percaya diri, tampil excellence baik dalam presentasi maupun dalam merancang/ mendesain serta menguasai tehnik delivery yang efektif, mampu membangkitkan minat dan interaksi, serta menangani berbagai karakter audiens.

Aktifitas pelatihan haruslah menjadi kegiatan Competency-Building yang efektif, mengesankan, menyenangkan dan terjadi percepatan perubahan.

Pelatihan ini menggunakan pendekatan Behavioral Change yang paling modern, yakni pendekatan pelatihan dengan menggunakan keseluruhan fungsi otak  kiri dan kanan, serta pemanfaatan pikiran sadar dan bawah sadar.

Fokus pelatihan ini di titik beratkan pada persiapan pelatihan yang efektif, mengelola state of mind dan proses penyajian materi yang efektif.

2,712 total views, 4 views today